Senin, 10 Juni 2013

Resume Jaringan Komputer Pertemuan 11

Nama : I Putu Narario Sastra
Nim : 11.41010.0020

Aplikasi-aplikasi tradisional (SMTP, MIME, IMAP, HTTP)

Email Protokol : (IMAP, SMTP dan HTTP)

Pada dasarnya, sebuah protokol adalah tentang metoe standar yang digunakan di setiap akhir sebuah saluran komunikasi, untuk benar mengirimkan informasi. Dalam rangka untuk berurusan dengan email anda, anda harus menggunakan mail client untuk mengakses server mail. Mail client dan server mail dapat bertukar informasi dengan satu sama lain menggunakan berbagai protokol

IMAP Protokol (Internet Message Access Protocol)

IMAP adalah protokol client atau server di mana email yang diterima dan dimiliki untuk anda dengan server internet anda. Karena ini hanya membutuhkan transfer data kecil ini bekerja dengan bai bahkan melalui koneksi yang lambat seperti modem. Hanya jika anda untuk membaca pesan email tertentu itu akan di download dari server. Anda juga dapat membuat dan memanipulasi folder atau kontak surat pada server, menghapus pesan dll.

SMTP Protokol (Simple Mail Transfer Protocol)

Protokol yang digunakan oleh Mail Transfer Agent (MTA) untuk memberikan email anda ke server mail penerima. Protokol SMTP hanya dapat digunakan untuk mengirim email, untuk tidak menerima mereka. Tergantung pada jaringan anda atau pengaturan ISP. Anda mngkin hanya dapat menggunakan protokol SMTP dalam kondisi tertentu.

HTTP Protokol

HTTP Protokol bukanlah protokol yang diddikasikan untuk komunikasi email, tetapi dapat digunakan untung mengakses kotak surat anda. Juga disebut email berbasis web, protokol ini dapat digunakan untuk menulis atau mengambil email dari account anda. Hotmail adalah contoh yang baik menggunakan HTTP sebagai protokol email.

MIME (Multipurpose Internet Mail Extension)

Merujuk kepada protokol yang digunakan luas di internet yang memperluas protokol SMTP (Simple Mail  Transfer Protocol) (RFC 822) untuk mengizinkan beberapa data selain teks dengan pengodean ASCII 7bit. Berkas-berkas biner seperti halnya program, dokumen pengolahan kata dan banyak lagi format lainnya, tidak dapat dikirimkan melalui SMTP. Dengan menggunakan MIME yang didefinisikan dalam RFC 1521 hal tersebut bukan lagi masalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar