Jumat, 07 Juni 2013

Resume Jaringan Komputer Pertemuan 7

Nama : I Putu Narario Sastra
Nim : 11.41010.0020
Dosen : Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng.

Pengalamatan IPv4 dan IPv6

Alamat IPv4 : Adalah pengalamatan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan IPv4.

  1. Pada IPv4 ini menggunakan alamat 32bit. Ini di pisahkan menjadi 2 bagian alamat network (Network portion) dan alamat host (Host portion).
  2. Alamat network adalah indentitas dari sekumpulan host dimana memiliki 2 bagian pada host portion yang sama saja host-host dapat saling berkomunikasi.
  3. Alamat host merupakan identitas unik yang dimiliki sebuah mesin sebagai identitas dirinya.

Dalam penggunaannya IPv4 dibagi menjadi 2 :
  1. IP  Public bersifat worldwide dengan penggunaan konfigurasinya yang terikat dengan peraturan tertentu.
  2. IP Private bersifat pribadi dan lokal, IP ini digunakan sebagai identifikasi komputer pada jaringan lokal yang bersifat pribadi.

Alamat IPv6 :
  1. Alamat IPv6 adala sebuah pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IPv6.
  2. Pada IPv6 yang merupakan skema 128bit dan direpresentasikan dalam bentuk heksadesimal.
  3. Pada IPv6 struktur pengalamatannya lain, menggunakan alamat yang ada di NIC/WLAN.
  4. IPv6 juga memiliki angka prefiks, tapi tidak digunakan untuk merujuk subnetmask, karena IPv6 tidak mendukung subnetmask.
  5. Prefiks adalah bagian dari alamat IP, di mana bit-bit memiliki nilai-nilai yang tetap atau bit-bit tersebut merupakan bagian dari sebuah rute digunakan tanda pengenal jenis alamat IPv6.
Alamat IPv6 ini dapat diklasifikasikan menjadi 3 :
  1. Alamat Unicast : Yang menyelesaikan komunikasi secara point-to-point langsung antara dua host dalam sebuah jaringan.
  2. Alamat Anycast : Alamat ini lebih merujuk kepada fungsi layanan daripada alamat. Alamat dengan tambahan fitur bahwa router akan selalu merutekan ke tujuan terdekat, lebih tepatnya sesuai dengan yang telah dikonfigurasikan.
  3. Alamat Multicast : Seperti halnya pada IPv4 pada IPv6 alamat ini menunjukan sekumpulan piranti dalam grup milticast. Jadi alamat ini hanya akan muncul sebagai alamat tujuan, tidak akan pernah sebagai alamat asal. Jika paket dikirimkan ke alamat ini maka anggota grup akan memprosesnya.
WiMax adalah singkatan Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.
WiMax jga adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standard IEEE 802.16.
WiMax merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar