Minggu, 09 Juni 2013

Resume Jaringan Komputer Pertemuan 12

Nama : I Putu Narario Sastra
Nim : 11.41010.0020

Layanan Infrastruktur (DNS dan SNMP)

DNS (Domain Name System) adalah atribute database system yang digunakan untuk pencarian nama omputer (name resolution) di jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmition control protocol/Internet protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet seperti web browser atau email, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Diamana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk ngecek host name yang anda minta tersebut berapa IP address nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer yang lain.

Contoh Gambar DNS


Cara Kerja DNS : Ketika anda melakukan query (bisa berupa ping, ssh, dig, host, nslookup, email dll) ke sebuah host maka name server akan memeriksa terlebih dahulu apakah ada record host tersebut di cache name server lokal. Jika tidak ada, name server lokal akan melakukan query kepada root server dan merefrensikan name server, name server lokal kembali melakukan query kepada name server dengan jenis query yang sana dan merefrensikannya. Name server lokal kembali melakukan query ke name server dan merefrensikan query selanjutnya ke name server lokal. Kemudian name server lokal melakukan query kepada name server lokal dan akhirnya mendapatkan jawaban address yang diminta.


SNMP (Simple Network Management Protocol) merupakan protokol standard industri yang digunakan untuk memonitor dan menglola berbagai perangkat di jaringan internet meliputi hub, router, switch, workstation dan sistem manajemen jaringan secara jarak jauh (remote).

Contoh Gambar SNMP


Beberapa fungsi dalam SNMP
  1. Get : Digunakan oleh manajer untuk mengambil sebuah item dari agen MIB.  
  2. Set :  Digunakan oleh manajer untuk seting atau mengisikan suatu variabel pada agen MIB.
  3. Trap : Digunakan oleh agen untuk mengirim peringatan kepada manajer.
  4. Inform : Digunakan oleh manajer untuk mengirimkan peringatan kepada manajer lain.
Perangkat SNMP : Managed nodes, MIB (Manager Information Base).

Elemen-elemen SNMP : Manager, MIB (Manager Information Base), Agen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar